2:38 PM
Strategi Hubungan Masyarakat Bisnis Kecil

Strategi_Hubungan_Masyarakat_Bisnis_Kecil.jpg

Setiap pelaku bisnis baik besar maupun kecil tentu saja memerlukan bantuan profesional seperti agen hubungan masyarakat (humas) atau public relation (PR). Pada dasarnya para profesional agen ini memiliki wawasan dan strategi hubungan masyarakat yang luas. Jika anda baru memulai bisnis kecil, tidak ada salahnya menyimak ulasan kali ini.

Strategi Hubungan Masyarakat atau Public Relation bagi Bisnis Kecil Anda

Ceritakan Kisahmu

Setiap bisnis kecil memiliki cerita untuk diceritakan, dan cara paling pasti untuk membuat reporter, blogger, dan editor menulis tentang bisnis Anda adalah dengan menarik perhatian mereka melalui publisitas. Luangkan waktu untuk menemukan kisah asal merek dan kisah lain tentang bisnis Anda yang layak untuk dibagikan. Kemudian tuliskan cerita Anda sehingga siap untuk dibagikan kapan pun ada kesempatan.

Gunakan Google Alerts

Google Alerts adalah layanan gratis yang memberi tahu Anda saat kata kunci dan merek yang Anda inginkan muncul online. Mungkin sulit untuk mengetahui apakah dan bagaimana upaya PR bisnis kecil Anda membuahkan hasil, tetapi salah satu cara untuk melacaknya adalah dengan menggunakan Google Ads. Mudah digunakan - buat lansiran di Google dengan mengetikkan "permintaan pencarian" - misalnya nama perusahaan, nama pesaing, industri, dan kata kunci relevan lainnya. Setiap kali istilah tersebut muncul online, Google mengirimkan peringatan email tentangnya. Ini adalah cara yang bagus untuk memantau keberadaan online perusahaan Anda, melihat apa yang dilakukan pesaing Anda dan apa yang dikatakan orang tentang perusahaan Anda dan perusahaan pesaing Anda.

Berpartisipasi dalam Kegiatan Masyarakat

Komunitas Anda adalah sumber dukungan - jika Anda menggunakannya. Ini berlaku untuk individu swasta dan perusahaan lokal. Terhubung dengan orang-orang di komunitas Anda adalah tipe-tipe publisitas PR yang bagus (bahkan jika bisnis Anda sepenuhnya online). Selalu membantu untuk membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang yang berkepentingan dengan kesuksesan Anda—anggota komunitas Anda yang lain. Dengan menghadiri acara lokal, mendukung bisnis lain di daerah Anda, dan melakukan kegiatan amal di komunitas Anda, Anda dapat membangun hubungan yang positif dan memberikan kesan yang baik. Strategi hubungan masyarakat yang Anda bangun di komunitas Anda kemungkinan besar akan menghasilkan beberapa pendukung Anda yang paling keras. Dan dari mulut ke mulut sangat berharga. Anda bisa gunakan hal ini sebagai satu contoh promosi publisitas.

Membuat Paket Media

Setiap bisnis kecil harus memiliki outlet media. Paket media harus berisi elemen-elemen berikut yang menentukan identitas merek Anda:
  • Halaman informasi perusahaan
  • Biodata untuk ketua kelompok
  • Logo perusahaan (PNG transparan beresolusi tinggi berwarna dan hitam putih)
  • Gambar kepala anggota dewan (resolusi tinggi)
  • Gambar produk saat produk dijual (resolusi tinggi)
  • Gambar tim beraksi saat memberikan layanan atau menjalankan bisnis ritel (resolusi tinggi)
  • Pengantar merek Anda (termasuk kisah asal Anda!)
  • Gambar atau informasi grafik unik lainnya yang mewakili dan menyampaikan bisnis Anda.
Jika bisnis Anda kekurangan uang tunai, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membayar fotografi profesional. Tapi jangan khawatir. Meskipun foto profesional adalah yang terbaik, foto amatir dengan pencahayaan yang baik juga bisa digunakan. Tujuan dari paket media Anda adalah untuk menyediakan sarana bagi jurnalis, blogger, dan produser konten lainnya untuk mempresentasikan bisnis Anda secara akurat dan profesional.

Menulis dan mendistribusikan siaran pers

Siaran pers adalah berita pendek yang Anda (atau seseorang di tim Anda) tulis dan kirim ke sumber berita lokal. Berita selalu mencari cerita. Dengan mendistribusikan siaran pers, Anda membantu bisnis dan publikasi serta penyiar Anda yang membutuhkan konten. Buat daftar kontak pers di surat kabar lokal, stasiun berita lokal, dan stasiun radio lokal. Informasi kontak ini harus selalu disertakan saat Anda membagikan siaran pers. Buat daftar kontak pemberi pengaruh media sosial, blogger industri, dan publikasi serikat pekerja nasional untuk berita terpenting. Jika berita Anda berdampak di luar komunitas lokal Anda, kirimkan siaran pers ke daftar kontak lokal dan digital Anda.

Membangun Hubungan Media Sosial dengan Influencer

Strategi hubungan masyarakat berikutnya, media sosial adalah alat PR gratis. Facebook, Instagram, dan Twitter memungkinkan Anda untuk terhubung langsung dengan audiens Anda. Dan interaksi Anda tetap menjadi catatan riwayat aktif untuk dilihat semua orang. Ini berarti bahwa kerja keras yang Anda lakukan untuk menciptakan keterlibatan positif yang sejati akan hidup sebagai bukti kewargaan yang baik dari merek Anda. Ini juga berarti bahwa semua kesalahan langkah publik terus berlanjut. Jadi ingatlah itu sebelum Anda memposting. Anda tidak hanya dapat menciptakan keterlibatan positif dengan pengikut Anda, tetapi Anda juga dapat secara aktif membangun hubungan dengan influencer di ruang Anda. Influencer adalah pembuat konten yang membangun banyak pengikut. Mereka biasanya ahli dalam bidang tertentu yang mereka sukai. Mereka menginspirasi pengikut mereka. Luangkan waktu untuk meneliti influencer di bidang Anda. Jangkau dan kenali mereka (dengan cara yang rendah hati, tidak mengejar, tidak menjual).
Views: 36 | Added by: dediariko | Rating: 0.0/0
Total comments: 0