2:44 PM
Komunikasi Pemasaran: Tujuan dan Metode Penyusunan Strategi

Komunikasi_Pemasaran.jpg

Untuk melakukan penjualan, Anda harus terlebih dahulu dapat menarik perhatian pelanggan. Bagaimana Anda bisa memenangkan pelanggan dengan ratusan pesaing sambil mengalahkan persaingan? Solusinya adalah dengan menggunakan strategi komunikasi pemasaran.

Strategi komunikasi pemasaran memungkinkan Anda untuk menguraikan bagaimana Anda bermaksud menarik perhatian konsumen dan membujuk mereka untuk berinteraksi dengan perusahaan Anda.

Dalam artikel ini, kita membahas tentang tujuan, kegiatan, dan cara mengembangkan komunikasi pemasaran.

Apa itu Komunikasi Pemasaran?

Komunikasi pemasaran (Marketing Communications atau Marcom) adalah saluran dan alat yang digunakan perusahaan untuk menyampaikan pesan yang diperlukan kepada kelompok sasaran.

Ini termasuk PR, branding, periklanan, pengemasan, media sosial, dan layanan lainnya. Marcom memungkinkan pelanggan untuk memahami perusahaan, merek, dan produk yang mereka tawarkan.

Komunikasi pemasaran dapat didefinisikan sebagai penggunaan saluran komunikasi yang berbeda seperti media cetak, radio, televisi, email, acara atau brosur untuk mencapai tujuan publikasi pemasaran.

Tujuan Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran memiliki tiga tujuan utama, yaitu:

1. Komunikasi

Tujuan utamanya adalah untuk berbagi ide, pemikiran, dan perspektif dengan audiens yang dituju.

Bisnis melakukan ini melalui hubungan masyarakat, promosi penjualan, penjualan pribadi dan iklan. Namun, tujuan dari komunikasi pemasaran yang efektif adalah untuk memecahkan masalah pelanggan.

Saat membuat draf contoh pers untuk pesan pemasaran Anda, pastikan itu benar, akurat, dan bermanfaat bagi semua orang yang terlibat.

2. Persaingan

Tujuan komunikasi pemasaran selanjutnya adalah untuk bersaing di pasar dan menyediakan berbagai peluang pemasaran.

Pesaing dapat menawarkan produk yang sama dengan harga yang sama di toko yang sama (misalnya harga pasang iklan TV di toko online). Namun, komunikasi pemasaran dapat membedakan produk/layanan Anda untuk menarik target pelanggan dan meningkatkan loyalitas merek.

Jika sebuah perusahaan tidak mengikuti strategi Marcom, perusahaan tersebut tidak akan tampak menarik bagi pelanggan.

3. Meyakinkan

Meyakinkan pelanggan juga merupakan tujuan utama komunikasi pemasaran. Jika Anda meyakinkan mereka dengan baik, mereka akan mengambil tindakan yang diinginkan. Karenanya, pemasar harus berkomunikasi dengan cara yang menarik. Anda mungkin harus meyakinkan pelanggan yang sama lebih dari sekali karena mereka tidak akan membeli produk/jasa Anda lebih dari sekali.

Apa Metode Menciptakan Komunikasi Pemasaran?

Anda dapat membuat komunikasi ini dalam lima langkah mudah:

1. Identifikasi Audiens

Menawarkan produk untuk semua orang tidak akan berhasil. Anda perlu menargetkan audiens tertentu yang membutuhkan produk Anda untuk menyelesaikan masalah mereka. Oleh karena itu, Anda harus memasukkan tujuan, lokasi, usia, jenis kelamin, minat, kesukaan, kebutuhan, pekerjaan, dll. Ini membantu Anda membuat pesan dan kampanye pemasaran yang dipersonalisasi. Anda juga tahu saluran mana yang lebih baik untuk menjangkau pelanggan ideal Anda.

2. Menentukan Unique Selling Proposition Anda

USP membedakan perusahaan Anda dari pesaing Anda. Sangat penting untuk memiliki USP yang memungkinkan Anda menunjukkannya kepada audiens Anda dan menunjukkan bahwa Anda lebih baik daripada merek lain karena beberapa alasan. USP adalah solusi yang dibutuhkan pelanggan Anda. Jika Anda berhasil membantu pelanggan Anda, mereka akan memberi Anda penghasilan yang baik, dari mulut ke mulut, basis pelanggan yang lebih luas, posisi pasar yang baik, dan banyak lagi.

3. Memberi Solusi untuk Masalah Pelanggan

Selanjutnya, Anda perlu menghubungkan keluhan pelanggan dengan solusi yang Anda tawarkan. Buat tabel masalah pelanggan dan solusi produk. Anda harus menandai penawaran yang memecahkan masalah pelanggan. Bagikan lembar kerja ini dengan tim Anda untuk membuat pesan yang membahas masalah pelanggan dan menawarkan solusi. Anda kemudian akan menerima pesan melalui semua saluran pemasaran yang Anda gunakan untuk komunikasi.

4. Pilih Sarana Penyampaian pesan

Saluran mana yang Anda gunakan bergantung pada tujuan yang telah Anda capai dan preferensi pelanggan Anda. Identifikasi platform dan messenger yang paling disukai audiens Anda. Apakah audiens target Anda memiliki stasiun favorit yang berbeda? Tenang, Anda bisa menggunakan multi-channel untuk menjangkau semua penonton di semua channel.

5. Ukur hasil akhir

Setelah Anda menerapkan semuanya, lacak hasilnya. Periksa apakah perusahaan Anda semakin dekat dengan tujuan Anda. Metrik memberi Anda indikasi kinerja bisnis.
Category: Bisnis | Views: 57 | Added by: dediariko | Rating: 0.0/0
Total comments: 0