2:52 PM
Pengertian dan Peran Penting Pesan Dalam Komunikasi

Pengertian_dan_Peran_Penting_Pesan_Dalam_Komu.jpg

Pesan dalam komunikasi memainkan peran yang sangat penting.

Padahal, pesan merupakan awal dari komunikasi yang terlihat dalam proses komunikasi.

Pengertian Pesan

Secara bahasa, pesan berarti perintah, nasihat, permintaan, pesan yang disampaikan oleh orang lain; Kata-kata (nasihat, wasiat) terakhir (dari orang yang sekarat), menurut KBBI. Dalam kajian retorika dan komunikasi hasil kutipan situs myanc.org, pesan didefinisikan sebagai informasi yang disampaikan melalui kata-kata (ucapan atau tulisan) dan/atau tanda dan simbol lainnya.

Isi dari proses komunikasi adalah pesan (verbal, nonverbal, atau keduanya).

Menurut Tasmara (1987), pesan adalah sesuatu yang disampaikan oleh medium kepada medium melalui proses komunikasi. Dikutip dari blog netecho.info, Dalam Pengantar Ilmu Komunikasi (2004), Hafied mendefinisikan pesan sebagai sekumpulan tanda/simbol yang dibuat oleh seseorang untuk tujuan tertentu dengan harapan agar penyampaian tanda/simbol tersebut berhasil.

Pesan dalam komunikasi harus disampaikan melalui sarana dan alat yang tepat, dalam bahasa yang mudah dipahami dengan kata-kata yang sederhana dan sesuai, serta tujuan pesan harus disampaikan dan mudah dicerna oleh media komunikasi.

Jenis Pesan

Pesan negatif dan positif adalah dua jenis pesan dalam komunikasi.
  • Negatif: menolak, mengeluh
  • Positif: Pengakuan, selamat, penerimaan.
Jenis pesan lainnya:
  • Nominal
  • Ekspresif
  • Predikatif

Bentuk Pesan

Menurut Onong Uchjana Effendy (1998), pesan adalah komponen proses komunikasi sebagai perpaduan pikiran dan perasaan seseorang dengan menggunakan simbol, bahasa/lambang lain, yang dikomunikasikan kepada orang lain. Pesan dapat diartikan sebagai kalimat yang disajikan dalam bentuk lambang/lambang yang memiliki makna. Ini dapat terdiri dari beberapa elemen, termasuk:
  • A. Verbal: simbol lisan/tulisan.
  • B. Nonverbal: Simbol ditransmisikan secara tertulis dan juga diucapkan dalam bentuk gerakan garis dan gerak tubuh/gambar gambar dan warna.
Oleh karena itu, pesan adalah sesuatu yang digunakan sebagai isyarat dalam suatu kegiatan komunikasi, karena dengan bantuan pesan hubungan komunikasi dengan orang lain dapat berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Unsur Pesan

Pesan dapat dipahami dengan tiga unsur, yaitu kode pesan, isi pesan, dan format pesan.

1. Kode pesan

Kode pesan adalah serangkaian simbol yang disusun untuk berarti sesuatu bagi orang lain. Contoh dari bahasa Indonesia adalah kode yang mengandung unsur bunyi, huruf dan kata yang disusun memiliki makna.

2. Isi Pesan

Isi pesan adalah bahan atau materi pilihan yang telah ditentukan oleh komunikator untuk menyampaikan maksudnya.

3. Format Pesan

Bentuk pesan adalah sesuatu yang merangkum inti pesan itu sendiri, medium menentukan bentuk yang sebenarnya, sehingga medium tertarik pada isi pesan yang dikandungnya.

Kandungan Pesan

Pesan juga dapat dilihat berdasarkan kontennya. Ada tiga jenis pesan, menurut A.V. Widjaja dan M. Arisyk Wahab: informatif, persuasif, dan koersif.

1. Informatif

Pesan informasional adalah pesan yang berisi informasi tentang fakta dan informasi, dan kemudian dalam situasi tertentu komunikator membuat kesimpulan dan keputusannya sendiri. Pesan informasi lebih berhasil daripada persuasif.

2. Persuasif

Pesan persuasif melibatkan persuasi yang menciptakan pemahaman dan kesadaran di antara orang-orang bahwa pesan kita akan mengubah sikap. Tapi ubah sesukamu. Perubahan tersebut tidak terasa dipaksakan, tetapi diterima secara terbuka oleh penerimanya.

3. Koersif

Enforced adalah jenis pesan yang isinya dipaksakan dengan sanksi. Bentuk indoktrinasi yang terkenal adalah penekanan agitasi yang menimbulkan permusuhan dan ketakutan di depan umum.

Ciri-ciri Pesan yang Efektif

Agar tercipta komunikasi yang baik dan sesuai antara komunikator dan komunikan, maka pesan harus disampaikan dengan sebaik mungkin, dalam menyampaikan pesan harus diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Jelas. Dalam urutan Pesannya harus cukup jelas. Bahasa yang mudah dipahami, tidak rumit, tanpa distorsi dan ekspresi yang sempurna.
  2. Benar. Pesan tersebut mengandung kebenaran yang telah (benar) teruji.
  3. Faktual. Artikel tersebut berdasarkan fakta, tidak mengada-ada dan tidak meragukannya.
  4. Singkat. Pesannya ringkas tanpa mengganggu makna sebenarnya.
  5. Menyeluruh. Pesannya mencakup keseluruhan (komprehensif). Cakupan pesan mencakup bagian-bagian penting yang harus diketahui oleh komunikator.
  6. Nyata. Pesannya nyata (konkret), dapat dijelaskan berdasarkan informasi dan fakta yang ada dan bukan hanya desas-desus.
  7. Lengkap. Pesannya lengkap dan terorganisir secara sistematis.
  8. Menarik. Pesannya menarik dan memikat. Menarik karena itu sendiri menarik, dan menarik karena logis.
  9. Segar. Pesan itu disampaikan segar, nyata dan langsung.
  10. Logis. Nilai pesan sangat stabil, yaitu. isinya mengandung kontradiksi antara satu bagian dengan bagian lainnya.
Disini kita melihat pentingnya pesan dalam komunikasi. Pada dasarnya pesan komunikasi dapat berupa informasi, ide, pemikiran, petunjuk, informasi, dan lain-lain. Pesan juga dapat digunakan dalam sebuah acara soft opening suatu produk atau perusahaan untuk bisa sampai pada target audiens yang ingin anda capai.
Category: Bisnis | Views: 54 | Added by: dediariko | Rating: 0.0/0
Total comments: 0