2:52 PM Pengertian dan Peran Penting Pesan Dalam Komunikasi |
Pesan dalam komunikasi memainkan peran yang sangat penting. Padahal, pesan merupakan awal dari komunikasi yang terlihat dalam proses komunikasi. Pengertian Pesan Secara bahasa, pesan berarti perintah, nasihat, permintaan, pesan yang disampaikan oleh orang lain; Kata-kata (nasihat, wasiat) terakhir (dari orang yang sekarat), menurut KBBI. Dalam kajian retorika dan komunikasi hasil kutipan situs myanc.org, pesan didefinisikan sebagai informasi yang disampaikan melalui kata-kata (ucapan atau tulisan) dan/atau tanda dan simbol lainnya.Isi dari proses komunikasi adalah pesan (verbal, nonverbal, atau keduanya). Menurut Tasmara (1987), pesan adalah sesuatu yang disampaikan oleh medium kepada medium melalui proses komunikasi. Dikutip dari blog netecho.info, Dalam Pengantar Ilmu Komunikasi (2004), Hafied mendefinisikan pesan sebagai sekumpulan tanda/simbol yang dibuat oleh seseorang untuk tujuan tertentu dengan harapan agar penyampaian tanda/simbol tersebut berhasil.Pesan dalam komunikasi harus disampaikan melalui sarana dan alat yang tepat, dalam bahasa yang mudah dipahami dengan kata-kata yang sederhana dan sesuai, serta tujuan pesan harus disampaikan dan mudah dicerna oleh media komunikasi. Jenis Pesan Pesan negatif dan positif adalah dua jenis pesan dalam komunikasi.
Bentuk Pesan Menurut Onong Uchjana Effendy (1998), pesan adalah komponen proses komunikasi sebagai perpaduan pikiran dan perasaan seseorang dengan menggunakan simbol, bahasa/lambang lain, yang dikomunikasikan kepada orang lain. Pesan dapat diartikan sebagai kalimat yang disajikan dalam bentuk lambang/lambang yang memiliki makna. Ini dapat terdiri dari beberapa elemen, termasuk:
Unsur Pesan Pesan dapat dipahami dengan tiga unsur, yaitu kode pesan, isi pesan, dan format pesan.1. Kode pesan Kode pesan adalah serangkaian simbol yang disusun untuk berarti sesuatu bagi orang lain. Contoh dari bahasa Indonesia adalah kode yang mengandung unsur bunyi, huruf dan kata yang disusun memiliki makna.2. Isi Pesan Isi pesan adalah bahan atau materi pilihan yang telah ditentukan oleh komunikator untuk menyampaikan maksudnya.3. Format Pesan Bentuk pesan adalah sesuatu yang merangkum inti pesan itu sendiri, medium menentukan bentuk yang sebenarnya, sehingga medium tertarik pada isi pesan yang dikandungnya.Kandungan Pesan Pesan juga dapat dilihat berdasarkan kontennya. Ada tiga jenis pesan, menurut A.V. Widjaja dan M. Arisyk Wahab: informatif, persuasif, dan koersif.1. Informatif Pesan informasional adalah pesan yang berisi informasi tentang fakta dan informasi, dan kemudian dalam situasi tertentu komunikator membuat kesimpulan dan keputusannya sendiri. Pesan informasi lebih berhasil daripada persuasif.2. Persuasif Pesan persuasif melibatkan persuasi yang menciptakan pemahaman dan kesadaran di antara orang-orang bahwa pesan kita akan mengubah sikap. Tapi ubah sesukamu. Perubahan tersebut tidak terasa dipaksakan, tetapi diterima secara terbuka oleh penerimanya.3. Koersif Enforced adalah jenis pesan yang isinya dipaksakan dengan sanksi. Bentuk indoktrinasi yang terkenal adalah penekanan agitasi yang menimbulkan permusuhan dan ketakutan di depan umum.Ciri-ciri Pesan yang Efektif Agar tercipta komunikasi yang baik dan sesuai antara komunikator dan komunikan, maka pesan harus disampaikan dengan sebaik mungkin, dalam menyampaikan pesan harus diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
|
|
Total comments: 0 | |