3:06 PM
Jenis-jenis Event Public Relation dan Cara Pelaksanaannya

Jenis-jenis_Event_Public_Relation_dan_Cara_Pe.jpeg

Public Relation (PR) membantu organisasi menjaga hubungan baik dengan audiens dan pemangku kepentingan mereka. Melalui berbagai event Anda bisa menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak. Kemungkinan sebuah merek untuk membangkitkan emosi publik, baik itu pelanggan, pemangku kepentingan, atau pemasok, meningkat dengan Event Public Relation.

Apa pun jenis-jenis Event Public Relation yang Anda jalankan, tujuannya adalah untuk menghasilkan "gema" yang dapat mengarah pada kepercayaan, reputasi, dan loyalitas. Acara hubungan masyarakat dapat berdampak besar jika menarik perhatian media arus utama. Saat ini, semakin sulit untuk mendapatkan dan mempertahankan perhatian media. Selain itu, banyak media yang bermunculan di Internet semakin mempercepat arus informasi. Ini membutuhkan tindakan strategis yang dijelaskan dalam artikel ini.

Berbagai Event Public Relation

Peluncuran Produk

Perusahaan yang ingin memamerkan produk terbaru atau terupdate mereka dapat mengatur peluncuran produk. Acara semacam itu diadakan jika hanya tamu istimewa yang diundang. Atau bisa juga terjadi di depan umum di pameran dagang atau di tempat ramai seperti mall. Agar peluncuran produk dapat menarik perhatian, perusahaan harus merencanakan acara secara terkoordinasi. Selain penelitian dan pengembangan produk, departemen lain seperti PR atau komunikasi pemasaran juga dilibatkan.

Produk baru melalui beberapa proses sebelum akhirnya dinyatakan siap dipasarkan. Proses ini meliputi penelitian, identifikasi kelompok sasaran, definisi pernyataan pemosisian, dll. Acara peluncuran produk adalah tanda bahwa produk tersebut tersedia di pasar dan siap untuk dibeli. Ini juga menjadi momen bagi masyarakat untuk lebih mengenal produk-produk terbaru dan berbagai manfaatnya.

Aktivasi Merek

Tujuan aktivasi merek adalah untuk mendorong keterlibatan dan tindakan khusus konsumen. Ini bisa berupa acara kreatif, kampanye, atau acara yang lebih tradisional. Bisnis dapat memanfaatkan elemen yang terkait dengan aktivasi merek, termasuk pemasaran pengalaman, pemasaran perdagangan, pemasaran influencer, pemasaran hubungan, pemasaran konten, dan pemasaran promosi. Ketika sebuah perusahaan ingin meninggalkan citra yang bertahan lama di benak konsumen, brand activation menjadi sangat penting. Ada banyak situasi di mana merek ingin membangkitkan ingatan konsumen. Kasus yang paling umum terjadi adalah ketika sebuah merek meluncurkan produk baru, mengadakan kampanye, atau melakukan rebranding.

Bentuk brand activation bermacam-macam tergantung dari tujuan yang ingin dicapai. Ini bisa berupa acara yang sepertinya tidak terkait langsung dengan merek, seperti festival musik atau konser. Anda harus menyadari bahwa acara tersebut biasanya berisi berbagai alat alat promosi untuk menarik konsumen baru.

Cara Pelaksanaan Event Public Relation

1. Tetapkan Tujuan

Jangan terburu-buru mengadakan acara jika Anda tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini: Mengapa mendesak untuk menyelenggarakan Event Public Relation?

Ini tampaknya sederhana tetapi membutuhkan jawaban yang lebih rinci dan spesifik. Mempromosikan produk terbaru bukanlah jawaban yang cukup. Anda membutuhkan jawaban yang lebih mendalam dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: Apa indikator keberhasilan sebuah acara PR?

Pastikan Anda menemukan tujuan untuk mengukur kesuksesan sehingga acara PR tidak hanya bersifat seremonial. Ukuran keberhasilan dapat ditentukan, misalnya berdasarkan jumlah peserta yang masuk atau berpartisipasi. Setelah Anda menetapkan tujuan dan tolak ukur yang tepat, Anda akan merasa lebih mudah untuk mencapainya.

2. Pemilihan Tanggal

Anda harus tahu kapan acara PR sedang berlangsung. Apakah sama dengan peluncuran produk atau beberapa hari sebelumnya? Jika Anda memilih yang terakhir, pastikan Anda dapat membuat strategi media sosial untuk menjaga keterlibatan audiens hingga tanggal peluncuran yang sebenarnya. Jika Anda mengundang reporter media arus utama, pastikan Anda memilih hari yang relatif lambat. Artinya hari acara PR tidak bersamaan dengan acara penting lainnya. Jika pada waktu yang sama, jurnalis mungkin lebih memilih untuk menghadiri acara besar tersebut daripada datang ke acara Anda.

3. Mengundang Media

Membangun publisitas adalah bagian terpenting dari sebuah Event Public Relation. Meski Anda bisa membangun publisitas sendiri melalui live streaming atau berbagai konten melalui media sosial, namun peran media massa tidak bisa dikesampingkan. Media khususnya yang tersertifikasi memiliki kredibilitas yang berguna dalam membangun kepercayaan publik. Namun untuk menarik perhatian media, Anda perlu mengingat tips berikut ini: Pilih media lokal, hubungi jurnalis langsung, bangun relasi dengan jurnalis.

4. Pemilihan Tempat

Sebagai contoh public relation dalam sebuah event, sangat penting untuk memberikan kesan yang baik, apalagi jika tamu undangan tersebut baru pertama kali hadir di acara tersebut. Dan jika figur publik datang? Memilih tempat yang tepat mencerminkan keseluruhan acara dan citra perusahaan Anda. Menyelenggarakan acara di hotel atau restoran mewah jelas lebih baik daripada di gedung serbaguna atau balai desa.

Pertimbangkan untuk memilih lokasi yang nyaman dan mudah diakses. Misalnya, acara berlangsung di pusat kota yang dekat dengan berbagai ruang publik. Pastikan ruangan dapat menampung tamu, termasuk perlengkapan yang dibawa media.

Demikian juga, pelanggan harus memastikan bahwa di luar tidak terlalu panas atau hujan, terutama saat cuaca tidak mendukung. Persiapkan ruang sebaik mungkin, termasuk tata letak yang mudah diakses.

5. Menyediakan makanan dan minuman

Salah satu tujuan Anda saat menyelenggarakan acara PR adalah visibilitas merek. Namun, bukan berarti Anda melupakan sisi menghibur dan menyenangkan. Acara PR seperti peluncuran produk biasanya berlangsung di antara waktu makan bersama. Tergantung pada waktunya, ini bisa berupa makan siang atau makan malam. Jika anggaran Anda cukup, tawarkan prasmanan dimana pelanggan dapat memilih hidangan berbeda yang mereka sukai. Namun jika hanya menyajikan makanan dan minuman bersoda saja tidak masalah.

Pada dasarnya menyajikan makanan dan minuman adalah tentang menciptakan suasana yang lebih santai dan menyenangkan. Para tamu juga dapat mengobrol dan menjalin hubungan baru sambil bersantap bersama.

6. Publikasikan Event

Meski Event Public Relation sudah selesai, bukan berarti kegiatan promosi berhenti sampai di situ. Sebagai gantinya, Anda perlu mengirimkan siaran pers ke beberapa jurnalis agar acara Anda segera dimuat di media. Lengkapi juga siaran pers dengan gambar-gambar yang mendokumentasikan acara tersebut.

Sebarkan berita melalui berbagai media sosial dan blog bisnis. Ini untuk meningkatkan visibilitas acara Anda, terutama ketika ada media lain yang, meskipun tidak ada, juga meliputnya.

Category: Bisnis | Views: 43 | Added by: dediariko | Rating: 0.0/0
Total comments: 0