11:13 AM
3 Langkah Menemukan Media Partner Yang Tepat Untuk Bekerjasama

3_Langkah_Menemukan_Media_Partner_Yang_Tepat_.jpg

Cara menemukan media partner memang hal yang perlu diketahui jika Anda sering mengadakan acara atau event dan membutuhkan kerjasama yang saling menguntungkan. Acara yang dapat Anda selenggarakan bekerja sama dengan media antara lain seminar, acara musik dan acara lainnya.

Belum lagi jika Anda adalah mahasiswa yang sering menjadi panitia untuk mengadakan acara-acara di kampus. Tentunya Anda sangat membutuhkan media partner untuk mendukung acara Anda. Namun, sebelum kita mempelajari lebih jauh bagaimana menemukan media partner yang tepat, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan media partner. Sederhananya, media partner berarti kolaborasi antara pihak yang menyelenggarakan acara dengan media yang berbeda. Media yang bisa Anda libatkan sangat beragam: TV, radio, media cetak bahkan media online bisa menjadi media program Anda.

Berdasarkan pengertian di atas, kerja sama harus ditekankan. Dua pihak diuntungkan dari kolaborasi, media partner dan penyelenggara, bukan hanya satu.

Ikuti Langkah-langkah ini untuk Menemukan Media Partner dengan Tepat

1. Pilih Media Partner yang Sesuai untuk Acara tersebut

Ada banyak jenis media dan Anda dapat mengundang semua media untuk bekerja sama sebagai media untuk acara Anda. Media massa meliputi media digital, media cetak, dan media elektronik. Jadi bagaimana Anda menemukan media partner yang tepat untuk acara Anda? Hal pertama yang harus ditekankan sebelum bekerja dengan media partner adalah mencari tahu siapa audiens untuk setiap media. Kelompok sasaran saat ini adalah anak-anak, remaja dan dewasa atau laki-laki dan perempuan. Setelah Anda mengidentifikasi audiens untuk setiap media, yang harus Anda lakukan adalah mencocokkannya dengan audiens untuk acara yang Anda selenggarakan. Misalnya acara yang ingin Anda selenggarakan adalah acara musik kampus, maka media partner yang bisa Anda ajak bekerja sama adalah stasiun radio lokal yang menyasar para pecinta musik dan remaja. Dengan cara ini, media partner dapat mempromosikan acara yang Anda selenggarakan dengan cara yang lebih tepat sasaran di pasar sasaran. Hal ini sangat penting karena adanya media partner.

2. Persiapkan Anggaran Anda dengan Bijak

Langkah selanjutnya dalam menemukan media partner adalah membuat anggaran berdasarkan ukuran acara Anda.

Bukankah bekerja dengan media partner gratis? Ingatlah bahwa tidak semua perusahaan media ingin bekerja sama dengan pengiklan secara gratis. Artinya sebagai penyelenggara acara, Anda harus mengalokasikan dana untuk bekerja sama dengan media partner target.

Penjelasannya, ketika rekan media menjalankan acara yang Anda selenggarakan, tentunya ada biaya operasional. Tentu saja biaya operasional ini tidak gratis, sehingga pihak penyelenggara bertanggung jawab untuk menyiapkan anggaran media partner. Belum lagi acara yang Anda selenggarakan berskala besar, tentu saja biaya persiapannya lebih mahal dibandingkan acara yang lebih kecil.

Jadi apa solusinya jika anggaran Anda terbatas? Jangan khawatir, Anda tidak perlu cemas karena acara Anda dapat berjalan dengan cara menghubungi media partner lain yang tidak memerlukan biaya terlalu banyak.

Anda bisa mengundang beberapa media online atau media digital yang berkolaborasi sebagai media partner untuk acara Anda. Media digital seringkali menawarkan kolaborasi sebagai media secara gratis.

3. Berikan Saran sebelum Kerjasama

Langkah-langkah menemukan media partner berikut akan menentukan apakah media yang Anda gunakan akan bekerja dengan Anda sebagai tuan rumah. Langkah ini terdiri dari pembuatan proposal yang akan menarik media partner untuk bekerja sama dengan Anda.

Lalu muncul pertanyaan, kenapa kita harus membuat penawaran yang menarik? Mengunggah saran yang biasa-biasa saja tidak diperbolehkan? Jawabannya tergantung apakah Anda benar-benar ingin bekerja dengan media, Anda perlu mempersiapkan proposal Anda dengan baik. Namun jika Anda tidak ingin saran Anda muncul sama sekali, Anda dapat membuat saran acara secara acak.

Berdasarkan ulasan dari situs blog overcurfew.com, bahwa berbagai perusahaan media kerap menerima tawaran kerja sama dari berbagai pihak. Setiap hari ada ratusan proposal kerjasama yang diterima oleh marketing communication. Mereka pasti akan memilih setiap submisi yang masuk, dan tentunya submisi yang lebih sering dilihat adalah submisi yang menarik untuk dibaca, bukan yang asal-asalan dan serampangan. Bahkan, media partner dapat dengan mudah memilih penawaran apapun dengan kapasitas dan kapabilitas tertinggi hanya dengan melihat penawaran satu kali. Mulai saat itu Anda sebagai penyelenggara harus membuat proposal kerjasama yang semenarik mungkin. Ingatlah bahwa tawaran yang tidak menyenangkan dapat berakhir di tempat sampah dan tidak mungkin dibaca oleh media partner.

Category: Bisnis | Views: 42 | Added by: dediariko | Rating: 0.0/0
Total comments: 0