11:46 AM
Cara Mengecat Kayu Agar Mengkilap Paling Ampuh
Cara mengecat kayu agar mengkilap adalah suatu teknik mengecat yang paling banyak dicari. Karena furniture kayu memiliki penampilan yang fleksibel dan mudah disesuaikan dengan berbagai unsur desain lainnya. Kita sangat beruntung tinggal di Indonesia, di mana harga kayu di sini cukup terjangkau. Untuk membuatnya terlihat cantik dan melindunginya, Anda bisa mengecat furniture kayu. Tentu saja Anda memerlukan cat kayu khusus untuk keperluan mengecat kayu. Produk cat ini bisa Anda beli dengan mudah di toko bangunan. Harganya beragam tergantung ukuran, jenis, dan kualitasnya. Biasanya orang-orang akan memilih cat yang berjenis glossy.

Bagaimana Cara Mengecat Kayu Agar Mengkilap?

Masalah yang sering dihadapi tiap kali mencoba cara mengecat kayu agar mengkilap, yaitu hasil pengecatan yang tidak rapi dan furniture yang tidak berkilau seperti hasil kerja para ahli. Inilah mengapa banyak orang yang kemudian meminta bantuan tenaga ahli daripada mengerjakannya sendiri. Namun, jika Anda ingin mengecat sendiri dengan hasil mengkilap, berikut tipsnya. 1. Beli Cat Kayu Dengan Efek Glossy

Saat Anda akan membeli cat di toko bangunan, Anda harus menyebutkan jenis cat kayu yang Anda inginkan, bukan hanya cat kayu saja. Ada 2 jenis cat kayu yang umum dijual di toko bangunan dengan berbagai merk seperti Avian Brands, yaitu cat glossy dan cat doff atau matte. Jika Anda menginginkan tampilan yang berkilau, maka cat glossy adalah pilihan yang cocok.

2. Menghaluskan Permukaan Kayu Sebelum Mengecat

Mengamplas permukaan kayu, termasuk mengisi lubang-lubang kecil yang ada, merupakan bagian dari proses pengecatan yang tidak boleh dilewatkan pada proses cara mengecat kayu agar mengkilap. Sebab upaya ini juga berguna untuk memperindah hasil akhir dari cat yang Anda oleskan pada permukaan furniture. Perabotan dengan tekstur permukaan yang halus mampu menyerap cat secara optimal sehingga hasil akhirnya benar-benar sesuai keinginan.

3. Gunakan Spray Gun Untuk Mengecat Kayu

Proses pengecatan sebenarnya paling baik dilakukan menggunakan spray gun. Alat ini memungkinkan Anda mendapatkan hasil pengecatan yang rata dan mulus. Tapi kami menyadari bahwa dibutuhkan keterampilan khusus untuk mengoperasikan spray gun. Harganya yang cukup tinggi juga menyebabkan jarang sekali yang memiliki alat ini. Selain itu, spray gun dapat menyebabkan pemborosan cat.

4. Berikan Lapisan yang Sangat Tipis Menggunakan Kuas Cat

Cat kayu juga bisa diaplikasikan menggunakan kuas. Jika Anda memilih cara ini, jangan lupa untuk mengoleskan cat dengan lapisan yang sangat tipis. Semakin tipis lapisan cat yang Anda buat, hasilnya akan semakin rata. Hal ini juga akan membuat hasil akhirnya tampak indah dan tidak belang-belang. Nantinya kita membutuhkan 3-5 kali lapisan untuk menampilkan warna asli catnya.

5. Lakukan Finishing Dengan Pernis

Anda mungkin sudah membuat kesalahan saat melakukan cara mengecat kayu agar mengkilap? Jangan khawatir. Anda masih dapat membuat tampilannya berkilau. Di sini Anda memerlukan bahan tambahan yaitu pernis atau vernis. Anda bisa membeli pernis yang berwarna clear yaitu bening murni. Selanjutnya oleskan pernis tersebut memakai kuas atau kain.

Kesimpulan

Mengecat kayu agar mengkilap bisa dilakukan dengan mudah jika Anda tahu caranya. Anda perlu memilih cat kayu yang berjenis glossy, mengamplas permukaan kayu sampai halus, dan menggunakan spray gun untuk mengaplikasikan cat secara merata. Dengan cara mengecat kayu agar mengkilap yang telah diberikan di atas, Anda bisa mendapatkan hasil pengecatan yang rapi dan berkilau seperti hasil kerja para ahli. Ketahui juga cara mengatasi tembok lembab pada artikel berikutnya.
Category: Bisnis | Views: 56 | Added by: dediariko | Tags: info, tips | Rating: 0.0/0
Total comments: 0